Apa Itu Grafika Komputer? - Materi Teknologi Informasi dan Komputer | Teknowledgeid

Breaking

Materi Teknologi Informasi dan Komputer | Teknowledgeid

Materi Teknologi Informasi & Komputer

BANNER 728X90

Sabtu, 05 September 2020

Apa Itu Grafika Komputer?

 


 

Pada hidup yang kita tinggali saat ini, tanpa kita sadari kita telah hidup berdampingan dengan yang namanya grafika komputer. Kita hanya belum mengerti apa sih grafika komputer itu. Kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang grafika komputer. 

Grafika koomputer sendiri merupakan bagian dari ilmu dari komputer yang digunakan untuk membuat sebuah gambar 2D atau 3D. Grafika komputer bisa saja berupa animasi bergerak. 

Banyak sekali pengaplikasian grafika komputer. Di antaranya:

1. Desain


 

Desain bisa berupa gambar 2D dan  3D. Gambar 2D bisa berupa icon, poster, dan lain lain. Sementara gambar 3D bisa berupa desain Computer Aided Design (CAD) yang umumnya bisa digunakan untuk membangun kapal, drone, pesawat, dan lain lain. 

2. Animasi


Animasi merupakan  sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan. Animasi dapat ditemui pada kartun anak anak seperti tom & jerry, sinchan, dan si juki dan masih banyak lagi. 

3. Game 


Game juga salah satu contoh dari grafika komputer. Saya ambil contoh game dota terdapat animasi karakter melakukan aksi menyerang lawan, menghindari atau pun berjalan. Semua itu termasuk grafika komputer.

4. Visualisasi Data

 


Tujuan utama dari visualisasi data adalah untuk mengkomunikasikan informasi secara jelas dan efisien kepada penggunanya melalui grafik infomasi yang dipilih, seperti tabel tabel atau grafik. Hal ini dilakukan untuk mengelompokkan data tersebut ke dalam bagian-bagian tertentu. Contoh nya adalah statistik covid di surabaya.

5. Graphical User Interface (GUI)


GUI merupakan antarmuka pada sistem operasi komputer yang menggunakan menu grafis. Menu grafis ini maksudnya terdapat tampilan yang lebih ditekankan untuk membuat sistem operasi yang user-friendly agar para pengguna lebih nyaman menggunakan komputer. Contoh dari GUI sendiri dapat dilihat dari GUI pada sistem operasi windows. 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar