Apa itu Gerbang Logika? Berikut Operasi Dasar dari Tiap Jenisnya - Materi Teknologi Informasi dan Komputer | Teknowledgeid

Breaking

Materi Teknologi Informasi dan Komputer | Teknowledgeid

Materi Teknologi Informasi & Komputer

BANNER 728X90

Sabtu, 11 Juli 2020

Apa itu Gerbang Logika? Berikut Operasi Dasar dari Tiap Jenisnya

Apa itu gerbang logika? - Gerbang logika atau yang sering disebut dengan istilah Logic gate merupakan bagian fundamental dari sebuah sistem elektronika digital yang mana ia berfungsi untuk mengubah masukan (input) menjadi sebuah keluaran (output) berupa informasi  logis. Secara sederhana, gerbang logika hanya beroperasi menggunakan 2 kode simbol yakni bilangan 0 (mempresentasikan low atau off) dan bilangan 1 (mempresentasikan masukan/keluaran high atau on). bilangan yang hanya terdiri dari angka 0 dan 1 ini adalah jenis bilangan biner.

Jenis-jenis Gerbang Logika Dasar

Terdapat 7 gerbang yang perlu diketahui sebagai pengetahuan dasar dalam memahami rangkaian logika (terutama pada sistem elektro digital) antara lain:
  1. Gerbang AND
  2. Gerbang OR
  3. Gerbang NOT
  4. Gerbang NAND
  5. Gerbang NOR
  6. Gerbang X-OR (Exclusive OR)
  7. Gerbang X-NOR (Exlusive NOR)
Dalam materi ini, nantinya akan disediakan juga tabel yang berisikan kombinasi-kombinasi variabel input yang menghasilkan output logis yang mana dikenal dengan istilah “Tabel Kebenaran” atau “Truth Table”Adapun ringkasan penjelasan dari ke tujuh gerbang tersebut terangkum dalam tabel sebagai berikut :


Gerbang operasi AND, OR dan OR sering kali dikombinasikan sehingga membentuk berbagai macam fungsi logika dasar seperti operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Oleh karena itu, kita akan membahas fungsi logika dasar tersebut di artikel berikutnya. 

Sampai jumpa lagi teman seperjuangan.. ^_^








Tidak ada komentar:

Posting Komentar